Kelenteng Cu An Kiong – Lasem

Kelenteng Gie Yong Bio – Lasem
September 3, 2009
Kelenteng Tay Kak Sie – Semarang
September 3, 2009

Kelenteng Cu An Kiong – Lasem

Kelenteng ini didirikan diperkirakan pada abad 15 dengan mengalami pemugaran beberapa kali dengan mendatangkan tukang ukir dari Guang Dong (KwiTang) Tiongkok, yang terakhir pada tahun 1868.

Di kelenteng ini juga terdapat Kio ( Tandu) yang ukirannya amat halus dan indah untuk membawa MakCo Thian Siang Sing Bo pada waktu Jut Bio / kirab keliling di kota Lasem dan bila ada undangan Jut Bio di kota lain.

Di Lasem,?Jawa Tengah?, ada klenteng yang bernama Cu An Kiong. Klenteng ini dibangun sekitar abad ke-16. Konon, ini adalah klenteng tertua di Lasem.

Klenteng Cu An Kiong terakhir kali dipugar tahun 1868. Jadi, sebagian besar bagian klenteng ini antik. Inilah yang menjadi keistimewaan klenteng Cu An Kiong.

Klenteng??Cu An Kiong dibangun dengan sentuhan seni tinggi. Ruang depannya dipenuhi berbagai ukiran kayu klasik yang berwarna-warni.

Di bagian kayu penyangga atap bisa kita lihat ukiran relief yang dibuat dengan sangat detail. Selain ukiran relief, ada juga ukiran sulur tanaman dan deaunan yang didominasi warna hijau.

Warna ukiran ini tidak terlalu cemerlang karena sudah tua. Tapi, itu justru membuat ukiran ini terlihat antik.

Memasuki ruang tengah, kita akan melihat deret lukisan tinta di atas keramik. Lukisan itu ditempel pada dinding di kanan kiri ruangan. Mulai dari bawah hingga ke langit-langit.

Lukisan itu menggambarkan kehidupan manusia. Tapi, apa ceritanya, hampir tak ada yang dapat menjelaskannya secara pasti.

Konon, tinta yang digunakan untuk membuat lukisan ini didatangkan langsung dari Cina.

Ruang utama klenteng terletak di bagian belakang. Ini adalah area paling penting klenteng Cu An Kiong. Luas ruang ini sekitar seperlima dari luas bangunan klenteng.

Konon, itulah bagian klenteng yang paling asli karena tidak berubah sejak dulu kala. Di situ, terdapat altar utama tempat diletakkannya Makco Thian Siang Sing Bo atau dewi laut.

Pengunjung umum boleh melihat-lihat klenteng ini, tetapi hanya sampai batas ruang tengah saja. Ruang utama tidak boleh dimasuki

Alamat kelenteng oleh: Frans R Suharto – April 2003

Cu An Kiong – Lasem
Jl. Dasun No 19
Lasem
Telp. +62-295-531093

2 Comments

  1. Rudi Indarto says:

    maaf,,
    saya punya batu akik gambar naga 2 dimensi,,
    gambar nya jelas dan warna nya keemasan,, kalau anda berminat silahkan lihat di koleksi foto fb saya,,
    “Rudi Indarto” terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *