Kelenteng.Com

Direktori Keleteng Indonesia & Dunia

No public Twitter messages.

Facebook
RSS

Da Bo Gong ()

Meskipun seusia dengan Kelenteng Jin De Yuan di Glodok, Kelenteng Da Bo Gong (Kelenteng Ancol) mempunyai latar belakang yang berbeda. Kelenteng ini dalam bahasa Tionghoa disebut Da Bo Gong Miao atau Kelenteng Da Bo Gong. Dari Da Bo Gong atau Toa Pe Kong (lafal Hokkien) muncul istilah bahasa Indonesia untuk patung-patung dewa Tionghoa, yaitu?‘topekong’.

Ada sesuatu yang mengherankan mengenai kelenteng ini. Orang Tionghoa tidak boleh membawa daging babi kedalam pekarangan kelenteng. Mengapa? Ini bertautan dengan ciri khasnya: Kelenteng Ancol adalah tempat keramat ganda. Pada zaman dahulu, orang Tionghoa dan orang ***** keduanya beribadat ditempat yang sama. Jadi tempat ini merupakan kelenteng Tionghoa dan sekaligus tempat keramat bagi orang *****. Tempat keramat ganda seperti kelenteng Ancol, juga ditemukan di Semarang (Gedung Batu) dan Palembang (Pulau Kemarau).

Ada sebuah cerita yang patut disimak tentang kelenteng ini.

Suatu ketika seorang jurumudi Jung (sejenis kapal laut yang digunakan orangTionghoa) tiba ditempat ini dan jatuh cinta dengan seorang ronggeng sunda. Karena wanita ini seorang Muslimat, maka sebelum menikah mereka berjanji satu sama lain, bahwa mereka tidak akan pernah makan daging babi yang dianggap haram oleh kaum ****** dan petai yang oleh orang Tionghoa totok dianggap menjijikan karena baunya.

Suatu hari juru mudi tersebut hendak berlayar jauh, maka ia menyuruh seorang yang bernama Kong Toe Tjoe Seng membangun sebuah kelenteng dan menjaganya selama seratus tahun. Tetapi sebelum kelentang ini selesai, juru mudi tersebut dan istrinya, Sitiwati, meninggal. Mereka dikuburkan dalam kelenteng bersama-sama dengan adik istrinya Ibu Mone. Nama tiga orang ini terdapat dalam ruang utama pada altar-altar dengan beberapa patung. Tetapi terdapat sebuah makam lain tanpa patung, yaitu makam pembangunan kelenteng Kong Toe Tjoe Seng.

Majikan juru mudi tersebut disebut Sampo Toa Lang atau Sampo Tai jin, yang diartikan oleh orang setempat sebagai?“Yang dituankan”?atau?“Orang tersohor”. Dia mendaratkan kapalnya dekat Semarang di Jawa Tengah antara tahun 1405 dan 1413. Jangkar kapal ini dipertunjukan di kelenteng Sam Po Kong atau Gedung Batu di Semarang. Inilah pokok tradisi kedua kelenteng ini.

Ruang utama kelenteng ini dipersembahkan kepada Da Bo Gong. Disebelah kanan tampak patung Wang Zhu Cheng, seorang perwira yang katanya ditinggalkan Laksamana Zheng Ho. Laksamana Zheng Ho adalah seorang Kasim atau Sida-sida Agung dari masa Dinasti Ming. Zheng Ho adalah putra seorang haji dan banyak perwiranya yang beragama ***** juga. Hal ini dapat menerangkan sifat ganda Kelenteng Ancol.

Sebatang papan kayu horisontal dari tahun 1756 memuat nama serta jabatan tokoh-tokoh Tionghoa di Batavia sesudah pembantaian massal tahun 1740. Papan ini dapat dilihat diatas altar utama dalam ruang utama. Salah satu dari papan nama yang terpasang diatas meja besar pada pintu masuk bahkan lebih tua, yakni dari tahun 1755. Masih terdapat banyak papan dari kayu dan batu dalam kelenteng ini dan kebanyakan berasal dari abad ke-19.

Oleh: Robby Sidharta – April 2001

17 Responses so far.

  1. erna says:

    Pernah dikasih tahu org klenteng, kalo sembahyang di klenteng Ancol itu manjur. Terutama yg mo minta enteng jodoh. Tp lebih baik lg sebelumnya ciakcai dl. Bener gaa y … ? Hee…

  2. jaya saputra says:

    smbhyang itu bkn cri jodoh, rejeki atau harapan lain. smbahyng itu artinya adalah mngucapkan agar sang dewa dewi mencapai kesempurnaan yg lbih tinggi lg! dgn mendoakan akan timbul krma baik. krma baik iulah yg membuat kt brhasil dlm usaha2 kita dlm hidup ini. jd jodoh baik, rjeki baik, dan harapan baik tergntung krma kt sndiri. mau krma baik lakukan yg diatas td(bukan meminta pd sin beng). inilah pemahaman yg sbenarnya..

  3. jaya saputra says:

    ciacai, puasa, mutih tujuannya bukan untuk MEMINTA SESUATU..!! ciacai, mutih, puasa itu yg sebenarnya adalah untuk pengendalian/pengontrolan akan nafsu amarah, nafsu pikiran kotor, nafsu pendengaran dan lain2 yg sifat-nya negatif.. dengan ciacai, puasa, mutih kita bisa mengontrol dari tujuan td, itu akan membuahkan karma yg baik skali.. dngn krma yg baik inilah hasilny adalah kturunan mnjadi baik, usaha2 kt lbh baik, hubungan antar teman dan relasi jg baik, dll. ini tanpa diminta otomatis berbuah dengan alami..!

  4. jaya saputra says:

    perlu di-ingat juga.. bukan klenteng ancol saja yg manjur, akan tetapi adalah semua klenteng yg ada di seluruh indonesia maupun di tiongkok itu manjur dan baik..!

    • bio-admin says:

      Saya setuju dengan anda. Memang umumnya semua kelenteng itu baik, tetapi itu tergantung juga dari pengurusnya. Jika pengurus kelentengnya tidak baik, tidak memberikan pengertian yang benar tentang kelenteng, toh semuanya juga akan menjadi percuma saja.

  5. Siska says:

    Terima kasih untuk artikelnya yang menarik. Apakah ada alamat tepat dari kelenteng di Ancol ini atau setidaknya arah menuju ke sana? Thanks.

  6. han muliana says:

    ia klenteng ini dah tua bgt,sy dengar dr popo sy,dulu ada orang yg cr klenteng ini(ancol)ngak ketemu2 seharian muter2 aja,eh ngak taunya istrinya sdg datang bulan,eh beberapa hr kemudian dia dtng lg langsung ketemu,ngak muter2 lg.^^

  7. Meilani says:

    iya donk.. alamat n cara ke klentengnya gimana? at least dari dpn museum fatahillah gitu… jadi klo jalan2 ke kota tua bisa kesitu juga :p

  8. aku says:

    Klenteng ancol terletak di dalam kawasan ancol jakarta. Jalan pasir putih kalo nggak salah. Melewati pagar perumahan mewah di ancol.

  9. Emilia says:

    Iya,saya bisa alamat lengkap klenteng ini , urgent untuk kebutuhan materi skripsi saya. Patokannya dimana? Thank you..

  10. prima says:

    seharusnya kalo qt berdo’a d tempat tersebut semestinya qt mendoakan arwah penghuni tempat tersebut tanpa mengharapkan imbalan yg belum tentu dapat mereka wujudkan…
    karena mereka sebenarnya sama saja seperti qt semua…

  11. Sherly says:

    Saat saya pergi ke kelenteng da bo gong ini, krna dekat dari tempat tinggal saya, saya sempat membuka tjiamsie yang di sebut oleh orang adalah ramalan sebagaimana masa depan kita nantinya, tapi tetap kembali kepada diri kita sendiri… Mungkin ada beberapa kesulitan hidup yg saya hadapi saat itu dan rasa ketakutan krna tidak tau apa yg hrs saya perbuat, sehingga saya memberanikan diri untuk datang ke kelenteng ini dan sembahyang kepada dewa dewi memohon untuk memudahkan saya bila ada kesulitan, dan saya tidak meminta terlalu muluk” . Semoga rezeki lancar, hidup tenang bahagia dan tentram, terlebih kepada dewi Kwan Im . Tapi saya tidak menanyakan jodoh pada saat itu, karena saya berpikir saya masih terlalu muda untuk meminta jodoh skrg, dgn shio monyet hampir 20tahun.. Tapi saya memohon kepada dewa dan dewi untuk memberikan saya jodoh yg baik nantinya… Tapi tujuan utama saya dtg ke kelenteng ini adalah untuk sembahyang dan memohon arahan hidup, dan tulus dari hati saya menyebutkan saya datang dgn niat baik dr hati saya untuk memohon kepada dewa dewi agar memberikan saya arahan hidup yg harus saya jalani.. Kembali ke tjiamsie saya… Sudah mendapatkan 1 bambu yang saya belum tau isinya, kembali bertanya kepada dewa, apakah sudah tepat ini tjiamsie saya… Dgn melempar kepingan kayu (hanya bisa di lakukan 3x) jika lgsg tertutup artinya dewa menjawab tidak / mgkn tidak mengizinkan,, dan jika terbuka, saya boleh mencoba lg, jika 1 terbuka dan 1 tertutup dewa sdh mengijinkan… 1x saya melempar kepingan kayu ini terbuka, saya sudah harap” cemas, yg ke 2xnya juga sama, saya semakin cemas, dan hanya ada 1 kesempatan lg.. Dan yg ke3xnya 1 tertutup dan terbuka yg artinya dewa menjawab “ya” . Saya senang, tp masi harap” cemas krna blm tau apa isi dr tjiamsie saya… Lalu ada 1 lagi yg menarik.. Pengurusnya memberikan saya 1 kayu hitam panjang untuk mengukur rentangan tangan sepanjang”nya, dan di batasi dgn karet, jika kayu memanjang artinya rezeki bagus, jika kayunya memendek, rezeki krg bagus… Saya merentangkan tangan kembali, saya coba memaksa sepanjang”nya, tapi tidak sampai ke batas karet tsb.. Dan artinya kayunya memanjang… Kira” 10cm.. Waw itu sesuatu yg menarik.. Pengurus blg kalo rezeki saya bagus, karena kayunya memanjang… Lalu dia mengambil secarik kertas yang bertuliskan isi tjiamsie saya… Dia membacanya, dan saya berharap itu sesuatu yg baik… Saya mendapatkan tjiamsie no 1, dgn judul “kwan Im Tong” ato di artikan “biaranya Kwan Im”

    Dan inilah isi tjiamsie saya dalam bahasa indonesia :

    Udara yang gelap itu sudah terbuka.
    Cahayanya yang gilang-gemilang menyilaukan muka.
    Begitupun bumi sorotnya terang bersinar mustika.
    Peruntungan yang bagus adalah di ini ketika. Orang yang dapat ini Tjiamsie peruntungannya luar biasa punya tinggi,
    Terlebih lagi kalau hatinya selalu berlaku mulia, namanya tentu terpuji,
    Apa yang dikerjakan semakin untung, tidak bisa mendapat rugi,
    Seperti berpangkat, bisa semakin tinggi, jodoh kuat akur seperti boleh berjanji.
    Tegasnya : Derajat tinggi. untung bagus. tanya jodoh memang pasangannya.

    Saya sangat senang karena pengurusnya menjelaskan kalo itu adalah sesuatu yang sangat baik untuk saya… :) saya bahagia, lalu menaburkan bunga kembang di altar dewa tsb, dan membawa plg kembang jg untuk di bw ke rumah… Terimakasih kepada dewa dan dewi untuk mengabulkan permohonan saya sehingga saya bisa menjadi lebih sabar skrg dan rezeki jg lebih baik lg.. Lalu bagaimana pendapat tmn” semuanya ?

  12. Padmajaya Aja says:

    Eh lumayan informasinya cuma aku pernah kesana dan kayanya aura auranya kurang cocok aja sama aku. Apa website ini ada menampilkan kelentang yang Sinbengnya kuat untuk membunuh siluman ?

    Thx. Cheerio.

    • bio-admin says:

      Wah, kalau soal aura kuat atau tidak itu mungkin tergantung dari masing-masing pribadi. Kita di sini hanya memberikan informasi tentang kelenteng saja,

  13. chang says:

    Hi Sherly,

    Senang rasanya membaca posting Anda yang demikian happy dengan jawaban yang diperoleh.
    Semoga kedepannya dapat lebih mendalami ajaran Dewa -Dewi.

    Saya juga senang karena pengurus kelenteng tersebut dapat memberi pelayanan yang baik kepada umat-nya.
    Maju terus kelenteng Da Bo Gong.

  14. budi darmawan tjandra says:

    siank all…..mau nanya ya..di kelenteng Da Bo Gong ini ada dewa Lung De Xing Jun gk ya…mksh


Kelenteng Thian Hou

Sekitar 400th yang lalu didirikanlah klenteng "Thian Hou Kiong" di ...

Taokwan Sinar Cerah

Taokwan Sinar Cerah Diresmikan?Pada tanggal 25 Juli 2010 Jam 14.19 ...

Taokwan Sinar Mulia

Pelopor dari berkumpulnya beberapa Taoyu terjadi pada sebelum tahun 1996 ...

Kelenteng Ban Hin Ki

Ban Hin Kiong terdiri dari 3 kata, Ban berarti banyak, ...

Xuangkong Temple In

Bagaimana bangunan ini bisa bertahan terhadap angin dan hujan selama ...

Sponsors

  • Majelis Tridharma Indonesia
  • Paguyuban Umat TAO Indonesia

Kelenteng.Com is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache