Kelenteng See Hien Kiong – Padang

Kelenteng Gunung Timur – Medan
May 11, 2009
Kelenteng Hok Tek Bio – Salatiga
May 11, 2009

Kelenteng See Hien Kiong – Padang

See Hien Kiong – Padang (Antonius Taufik, 2001)

Kelenteng See Hien Kiong didirikan pada tanggal 1 November 1905.

Dahulunya kota Padang tidak mempunyai kelenteng sama sekali. Pada waktu itu suku Tjiang dan Tjoan Tjioe datang untuk berniaga (dagang) di kota Padang. Kemudian didirikan kelenteng Kwan Im (Kwan Im Teng) pada tahun 1861 dengan persetujuan Raja Ham Hong Taun Sien Yu.

Pada awalnya Kwan Im Teng merupakan bangunan dari kayu, atap dari rumbia / seng. Oleh karena keteledoran pendeta Sae Kong maka terjadilah kebakaran sehingga kelenteng Kwan Im menjadi abu.

Pada masa Lie Goan Hoat menjadi seorang Kapiten bersama dengan Letenan Liem Soen Mo serta Letenan Lie Bian Ek bermufakat untuk membangun kembali kelenteng Kwan Im yang sampai sekarang bernama See Hien Kiong.

Yang secara harafiah diartikan “Siapa diantara mereka itu yang keliru pikirannya, disanalah tempat ia pergi bertenang, bagi orang yang sakit boleh bertanya obat apa harus diambil, orang berdagang bisa beruntung dan orang dalam negeri memperoleh selamat”.

Kelenteng ini selalu ramai dikunjungi tiap-tiap tanggal 1-15 Imlek.

Terdapat batu peringatan di dalam kelenteng didirikan oleh Kapiten Lie Goan Hoat agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana asal usul dari kelenteng See Hien Kiong ini.

Thay Tjeng Kok Koh Hong Tjoe Tjeng Thay Hoe
Pangkat Belanda
Mayor Tituler: Lie Goan Hoat
Khong Soe 23 tahun Theng Yoe
Tahun Belanda 1897
Padang, 1 November 1905

Oleh: Antonius Taufik – Februari 2001

3 Comments

  1. Johan says:

    Selamat malam pak, saya warga kota padang yang kebetulan kenal langsung dengan pengurus Kelenteng See Hin Kiong ini, Apa bapak tidak keliru membuat tahun berdiri kelenteng tersebut ( 1 November 1905 ) dan pada tahun 1861 itu, tahun dimana kelenteng ini siap dan telah di renovasi, akibat kebakaran dari keteledoran sae kong di atas…. apa bapak sudah membaca dan meneliti lonceng atau genta pertama di kelenteng kita ini… terima kasih atas kolom koment yang di berikan…

  2. Anton says:

    Salam Hangat Siutao,…Malam juga Pak, maaf saya terlambat baca respone bapak,…informasi diatas berdasarkan data2/arsip yanng tersimpan,…mengenai lonceng atau genta pertama di kelenteng kita ini akan saya tindak lanjuti demi “sejarah” kelenteng kita yang tercinta ini,..mohon bantuan doa agar kelenteng See Hien Kiong-Padang dapat direnovasi secepatnya.

  3. Dr Iwan suwandy,MHA says:

    Pada awalnya Kwan Im Teng merupakan bangunan dari kayu, atap dari rumbia / seng.

    Oleh karena keteledoran pendeta Sae Kong maka terjadilah kebakaran sehingga kelenteng Kwan Im menjadi abu
    Dr Iwan Note
    Sayang foto klenteng dari kayu tersebut sampai hari ini belum ditemukan
    Kemudian dibangun lagi, buktinya ada foto klenteng padang yang permanen tahun 1870

    Tionghoa temple at Padang in 1870

    Kelenteng See Hien Kiong didirikan pada tanggal 1 November 1905.
    (Dr Iwan Note,
    bukan didirikan ,tetapi dipugar .sebab photo tahun 1870 bentuknya sudah sama dengan foto tahun 1936.jadi bukan dibangun baru,hanya diberikan nama yang baru See Hien kiong )

    Chinese temple padang 1936
    Dr Iwan Note
    Foto yang ditampilkan Antonius Taufik adalah foto baru sekitar tahun 2000

    Ini Klenteng See Hien kiong Padang saat ini,sejak tahun 2000 sudah dipugar dan dibuat taman didepannya,karena pada tahun 1963 diadakan pertunukan wayang potehi dari semarang Dr Iwan hadire melihat saat itu SMA Don Bosko kelas IIII, and isteri Dr Iwan Lily juga ikut melihat saat itu ia masih di Padang Panjang kelas lima SD, Dr Iwanmasih ingat disebelahnya masih tinggal Tjia Boen Liong anak Tjia Wie Hien, dan sebelahnya bekas rumah Lie Ma Say,dijadikan kantor dan pernah tahun 1985 diadakan kempanya keluarga berencana, Dr Iwan berpangkat Mayor Polisi mewakili Kapolda ,duduk bersama Gubernur Sumbar Ir Azwar Anas memberikan ceramah, dan Dr Iwan bercerita bahwa ia lahir dibelakang Kelenteng ini,di Jalan kali Kecil.
    untuk mendapat info yang lengkap dapat dilihat dalam buku elektronik Dr Iwan
    Padang Tionghoa History collections
    yang dapat dipesan liwat email Dr Iwan
    iwansuwandy@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *